proposal si bele



PROPOSAL PENELITIAN
HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN DAN KELINCAHAN DENGAN SMASH BULUTANGKIS ATLET UNIT KEGIATAN OLAHRAGA UNIVERSITAS NEGERI PADANG






Oleh
Safria Eki
2012/1202461



PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013

BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah
·            Filosofis
·            Idealis
·            Realita
B.      Identifikasi Masalah
1.Seberapa besar pengaruh power otot lengan berpengaruh terhadap pukulan smash?
2.Seberapa besar pengaruh kelincahan dalam melakukan pukulan smash?
3.Seberapa besar pengaruh kelentukan terhadap pukulan smash?
4.Seberapa besar pengaruh teknik  koordinasi gerak tubuh dalam melakukan pukulan smash?
5.Seberapa besar pengaruh power otot lengan dan kelincahan dalam melakukan  pukulan smash?
C. Pembatasan Masalah
        Berdasarkan identifikasi masalah di atas banyak faktor yang mempengaruhi pukulan smash. Namun agar lebih fokus penelitian membatasi untuk melihat sejauh mana ”Hubungan Power Otot Lengan dan Kelincahan dalam melakukan pukulan smash  pada Atlet UKO Bulutangkis Universitas Negeri Padang”.
D. PERUMUSAN MASALAH
1.Seberapa besar hubungan power otot lengan terhadap pukulan smash pada atlet UKO Bulutangkis Universitas Negeri Padang?
2.Seberapa besar hubungan kelincahan dalam melakukan pukulan smash pada atlet UKO Bulutangkis Universitas Negeri Padang?
3.Seberapa besar hubungan power otot lengan dan kelincahan secara bersama-sama terhadap pukulan smash pada atlet UKO Bulutangkis Universias Negeri Padang?



E. TUJUAN PENELITIAN
1.Power  otot lengan terhadap pukulan smash pada atlet UKO Bulutangkis Universitas Negeri Padang?
2.Kelincahan dalam melakukan pukulan smash pada atlet UKO Bulutangkis Universitas Negeri Padang?
3.Power otot lengan dan kelincahan secara bersama-sama dalam melakukann pukulan smash pada atlet UKO Bulutangkis Universitas Negeri Padang?

F. MANFAAT PENELITIAN
1.Bagi penulis dalam menyelesaikan tugas akhir perkuliahan Metodologi pendidikan
2.Bagi pelatih untuk dapat memperhatikan komponen kondisi fisik khususnya power otot lengan dan kelincahan yang dihubungkan dengan pukulan  smash.
3.Bagi mahasiswa sebagai bahan referensi di Perpustakaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A. Kajian Teori
1. Hakekat Bulutangkis:  Menurut Hua dan Aryanto (2007:1) bulutangkis adalah cock selama mungkin di udara denpermainan dua orang yang berusaha mempertahankan gan cara memukul cock kedepan (forehand) atau kebelakang (backhand).
2. Hakekat Power Otot Lengan: adalah kemampuan otot lengan untuk mengerahkan kekuatan maksimal dalam waktu yang sangat cepat pada saat melakukan gerakan pukulan smash dalam permainan bulutangkis.

B. HIPOTESIS
Terdapat hubungan yang signifikan antara power otot lengan dengan ketepatan smash pada olahraga bulutangkis.
Terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan pukulan smash pada olahraga bulutangkis.

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Jenis Penelitian
Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional
B. Tempat dan WaktuPenelitian
Tempat penelitian dilaksanakan Di Unit Kegiatan Olahraga (UKO) Bulutangkis Universitas Negeri Padang. Waktu penelitian dilakukan setelah mendapat tugas membuat proposal penelitian ini.
C.Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah pemain pada Unit Kegiatan Olahraga Bulutangkis Universitas Negeri Padang yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari  22 laki-laki dan 3 orang wanita. Sampel,Berdasarkan tingkat power otot lengan dan kelincahan antara perempuan dan laki-laki berbeda maka penelitian ini di ambil laki-laki saja. Dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu teknik menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu, maka pengambilan sampel hanya untuk laki-laki saja, yang telah bisa melakukan dan menguasai teknik smash. Oleh sebab itu seluruh pemain Unit Kegiatan Bulutangkis  Universitas Negeri Padang untuk jenis kelamin laki-laki yang berjumlah  22 orang dijadikan sebagai sampel.

D. DEFINISI OPERASIONAL
1. Power Otot Lengan
Dalam hal ini tes power otot lengan diukur dengan tes Medicine Ball. Medecine Ball merupakan suatu alat yang berbentuk bola yang memiliki berat tertentu difungsikan sebagai beban.
2. KELINCAHAN
Dalam tes ini yang diambil adalah tes lari bolak-balaik (shuttle run), tes ini padat dilakukan dengan menggunakan stopwatt sehingga dapat dilihat waktu yang tempuh diukur dalam satuan detik.
3. PUKULAN SMASH
Tes ini yang diukur adalah seberapa banyak pukulan smash atlet UKO UNP  dalam mengarahkan shuttle cock ke daerah yang telah ditetapkan oleh tester, sehingga menhasilkan point-point yang di inginkan. Dalam hal ini point-point tersebut terbagi atas 3 bagian yang masing-masing bagian memiliki nilai-nilai yang berbeda.
E.INSTRUMEN PENELITIAN
Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pengukuran terhadap variable – variable yang terdapat dalam penelitian ini, adapun instrumen yang digunakan adalah :
Tes power otot lengan mengunakan alat ukur Medicine Ball Throw. (Jhonson dan Nelson, 1986 : 214).
Tes kelincahan mengunakan alat ukur lari bolak balik (Shuttle Run). Arsil (2009:103)
Tes pukulan smash mengunakan dengan tes pukulan smash adalah suatu alat pengukur yang dipergunakan untuk mengukur kemampuan melakukan pukulan yang dipergunakan untuk mengukur kemampuan tujuan pukulan smash. Tohar (1992:147)
F.Teknik Analisis Data
Mengunakan rumus statistik berupa uji normalitas data dengan mengunakan uji Lilifours, uji homogenitas data dengan uji product moment, uji signifikan data dengan uji signifikan korelasi, korelasi ganda dan uji signifikan korelasi multiple.

0 komentar